Ini Tiga Partai Peraih Suara Terbanyak di Dapil IV Lolayan, Juara Satu Nasdem, Kedua PKS dan Ketiga PDIP

oleh -419 dilihat
oleh
Partai Nasdem menjadi partai peraih suara terbanyak pertama di Kecamatan Lolayan, peraih suara terbanyak kedua Partai Keadilan Sejahtera dan peraih suara terbanyak ketiga Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP).

BOLMONG, Kroniktoday.com – Khusus untuk Pemilihan umum (Pemilu) Calon anggota legislatif Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Bolaang Mongondow periode 2024-2029 yang dihelat pada Rabu 14 Februari 2024 lalu, di Kecamatan Lolayan atau di Daerah pemilihan (Dapil) IV, ada tiga partai yang meraih dukungan suara terbanyak.

Jumlah Daftar pemilih tetap (DPT) Kecamatan Lolayan adalah 19.403. Sedangkan pengguna hak pilih dalam DPT sebanyak 16.997. Kemudian pengguna hak pilih dalam DPTb terdapat 52 orang, terdiri dari laki-laki 28 orang dan perempuan 24 orang.

Jumlah pengguna hak pilih dalam Daftar pemilih khusus (DPK) sebanyak 77 orang dengan laki-laki 47 orang sedangkan perempuan 30 orang. Dengan demikian, pengguna hak pilih di Kecamatan Lolayan sebanyak 17.126. Angka golongan putih (Golput) atau yang tidak menyalurkan hak saura sebanyak 2.277 orang.

Untuk perolehan suara sah partai politik dan calon di Kecamatan Lolayan, dari 6 partai yang mengusung caleg, tiga partai yang berhasil menjadi pemenang dan berhak mendapatkan tiga kursi di DPRD Bolmong, telah diketahui setelah adanya pleno dari Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK).

Jika sebelumnya pada Pileg tahun 2019 lalu, partai Nasdem, PDIP dan Golkar yang menjadi pemenang, pada Pileg tahun 2024 ini sedikit berbeda. Dimana, kursi yang kini dipegang oleh Partai Golkar, direbut Partai Keadilan Sejahtera (PKS). Sedangkan kursi Partai Nasdem dan PDIP, tetap bertahan.

Berdasarkan jumlah suara sah partai politik dan calon yang berhasil dirangkum media ini, Partai Nasdem menempati urutan pertama, kemudian partai PKS dan urutan ketiga PDIP.

Partai Nasdem berhasil meraup 5.742 suara, Partai Keadilan Sejahtera (PKS) sebanyak 3.902 suara dan PDIP sebanyak 3.778 suara. Antara PKS dan PDIP selisih 124 suara, namun yang terbanyak tetap PKS. Sedangkan PKB mendapatkan 1.851 suara, Golkar harus berada di urutan kelima dengan perolehan 1.071 suara.

Dengan demikian maka, tiga partai yang berhasil menjadi peraih suara sah partai politik dan suara sah calon terbanyak, yang pertama Partai Nasdem, yang kedua disusul PKS dan kemudian yang ketiga PDIP. Tiga partai ini dipastikan berhak atas 3 kursi perwakilan dapil IV Kecamatan Lolayan di DPRD Bolmong periode 2024-2029 mendatang. (lix)

No More Posts Available.

No more pages to load.