Kelompok Wanita Tani Lestari Jaya Solimandungan 2 Kembangkan Usaha Ternak Ayam

oleh -1,651 dilihat
oleh

BOLMONG, Kroniktoday.com – Kelompok Wanita Tani (KWT) Lestari Jaya Desa Solimandungan 2 Kecamatan Bolaan Kabupaten Bolaang Mongondow (Bolmong), sukses mengembangkan usaha ternak ayam kampung.

Kelompok Wanita Tani ini semakin menunjukkan komitmennya dalam mengembangkan sektor peternakan. Mereka telah berhasil mengembangkan usaha ternak ayam sebagai langkah untuk meningkatkan pendapatan dan kualitas hidup anggotanya.

Kelompok Wanita Tani Lestari Jaya telah menjadi contoh nyata tentang bagaimana kolaborasi, ketekunan, dan semangat kerja keras dapat membawa perubahan positif dalam komunitas warga Desa Solimandungan 2.

Dalam beberapa tahun terakhir, kelompok ini telah melaksanakan berbagai program pelatihan dan pengembangan keterampilan bagi para anggotanya untuk memaksimalkan potensi peternakan mereka.

Salah satu pencapaian terbaru dari kelompok ini adalah pengembangan usaha ternak ayam. Dengan dukungan dari berbagai pihak, termasuk pemerintah setempat dan organisasi non-pemerintah, kelompok ini telah berhasil mendirikan kandang ayam yang modern dan bersih.

Tidak hanya mengembangkan infrastruktur, kelompok ini juga telah mengadakan pelatihan untuk anggotanya tentang manajemen ternak ayam yang baik, pemeliharaan kesehatan ayam, dan pemasaran produk. Mereka juga telah menjalin kerjasama dengan pedagang lokal dan pasar untuk memastikan bahwa produk mereka dapat ditemukan oleh konsumen.

“Saya merasa sangat terbantu dengan program ini. Sebelumnya, saya hanya memiliki lahan pertanian, dan sekarang saya juga memiliki usaha ternak ayam. Ini benar-benar membantu meningkatkan pendapatan keluarga saya,” ujar salah satu anggota kelompok wanita tani lestari jaya.

Kehadiran usaha ternak ayam di Desa Solimandungan 2 ini tidak hanya memberikan manfaat ekonomi tetapi juga memperkuat komunitas dan persatuan di antara anggota kelompok. Mereka bekerja sama untuk merawat ayam, berbagi pengalaman, dan saling mendukung dalam mengatasi berbagai kendala yang mungkin muncul.

Dengan semangat kolaborasi dan tekad kuat, Kelompok Wanita Tani Lestari Jaya Desa Solimandungan 2, terus berusaha untuk memajukan sektor pertanian dan peternakan di Kota Tani. Mereka adalah contoh inspiratif tentang bagaimana wanita tani dapat memainkan peran penting dalam pembangunan ekonomi dan sosial di komunitas mereka.

Semua pihak diharapkan dapat terus mendukung upaya mereka dalam mewujudkan kesejahteraan dan keberlanjutan ternak ayam kampung.

Untuk diketahui, kehadiran kelompok Wanita tani ini juga menjadi bagian penting dalam lomba TP PKK tingkat Provinsi Sulawesi Utara. Selain itu, kelompok Wanita tani ini telah berhasil memasarkan ayam dan telur sampai di luar daerah Bolmong. Para anggota akan menerima bagi hasil setiap akhir tahun. Bagi yang ingin menjadi mitra bisnis kelompok tani ini, atau untuk menjadi pelanggan, dapat menghubungi nomor telepon 081354790803

 

Penulis : Tri Sucipto Lantapo

No More Posts Available.

No more pages to load.