Sejarah Singkat dan Profil Desa Solimandungan 2, Pemenang Lomba PKK Aku Hatinya PKK Tingkat Kabupaten Bolmong

oleh -266 dilihat
oleh
Salah satu kegiatan gotong royong yang dilaksanakan masyarakat Desa Solimandungan 2

BOLMONG, Kroniktoday.com – Berdasarka sejarah yang ada, Desa Solimandungan Dua terbentuk pada tahun 1923. Desa Solimandungan Dua merupakan Desa Pemekaran pada tahun 1963 yang kemudian terpisah menjadi 2 Desa, yakni Desa Solimandungan Satu selaku Desa Induk.

Desa Solimandungan Dua, dan Desa Solimandungan Baru adalah Desa pisahan dari Desa Induk, yang bermula dari pemekaran Desa Solimandungan Dua, kemudian Desa Solimandungan Dua ini dimekarkan lagi menjadi Desa Solimandungan Baru.

Awal mula sejarah, Warga Desa yang pertama tinggal di Desa ini adalah dari POGALETON yakni laki – laki yang kemudian bertemu dengan perempuan dari suku BOLANGA, sampai akhirnya mereka menikah dan berkebun.

Kemudian mereka di anugerahi seorang anak yang bernama RUSIDO. Setelah sekitar tujuh bulan mereka menempati perkebunan INONGKALANG mereka menjadikan perkebunan tersebut menjadi satu Desa, akan tetapi Desa tersebut terjadi wabah penyakit yaitu penyakit bisul sehingga masyarakat berpendapat Desa tersebut sudah tidak bisa ditempati lagi karena sudah banyak korban yang meninggal dunia akibat wabah tersebut.

Setelah kejadian tersebut mereka berpindah ke IKAPAYA akan tetapi kejadian tersebut terulang lagi dengan wabah yang berbeda yakni wabah muntaber.

Sampai kemudian mereka berpindah lagi ke IKOLIPOT namun tiba – tiba Burung KALOW jatuh di tempat dimana akan mereka tinggali, Konon menurut kepercayaan apabila terdapat suatu tempat yang dijatuhi oleh Burung tersebut maka pertanda akan adanya bahaya dan tidak baik untuk ditempati, jadi mereka berpindah kembali ke INTOPINIT.

Daerah ini pada masa tahun 1920 bernama NOTOLINDUNGAN (Kolam). Ketika orang – orang tua mereka meninggal, anak – anak mereka membuat rapat untuk menggantikan nama daerah tersebut menjadi TOLIMANDUNGAN, sehingga pada akhirnya di tahun 1945 diresmikan menjadi DESA SOLIMANDUNGAN, dengan Sangadi (Kepala Desa) pertama “Musa GINOGA” yang menjabat 1 (satu) periode.

Berikut adalah Sangadi – Sangadi yang pernah menjabat di Desa Solimandungan II

1. Musa Ginoga Tahun 196 s/d Tahun 1962

2. E Potabuga Tahun1962.s/dTahun 1983

3. D.J.Mokoginta Tahun1983.s/dTahun 1990

4. Mustapa Ginoga Tahun 1990s/dTahun 1992

5. Hi E Mokodompit Tahun 1992s/dTahun 2003

6. Dahlan Ginoga Tahun.2003s/dTahun 2008

7. Sehan Mokodompit(PJS) Tahun 2008 s/d Tahun 2009

8. D.E.B. Potabuga Tahun 2009 s/d Tahun 2015

9. Sehan Mokodompit (pjs) Tahun 2015

10 D.E.B. Potabuga Tahun 2015 s/d 2022

11. Hi. B Balongka menjabat sangadi sampai sekarang.

Desa Solimandungan 2 memiliki infrastruktur yang memadai, mulai dari jalan, jembatan dan perkebunan hingga perkantoran desa. Masyarakat di Desa Solimandungan 2 mayoritas berprofesi sebagai petani dan nelayan. Disamping itu banyak juga yang menjadi Aparatur Sipil Negara dan ada juga pekerja swasta dan wirausaha.

Infrastruktur dari segi pendidikan dan Kesehatan, juga sangat baik dan menjadi tumpuan dalam pelayanan kepada masyarakat. Warga di Desa Solimandungan 2 di kenal sangat ramah, pekerja keras dan selalu kompak dalam bekerja gotong royong membangun kepentingan desa.

Desa Solimandungan 2 berada di wilayah Pantai utara (Pantura) Kabupaten Bolaang Mongondow Provinsi Sulawesi Utara. Masyarakat aktif melakukan kegiatan sosial, pembangunan dan ditopang dengan pemerintahan desa yang selalu memberikan pelayan yang terbaik.

 

Penulis : Tri Sucipto Lantapon

No More Posts Available.

No more pages to load.