Desa Solimandungan 2 Berhasil Siapkan Kebun Kelompok PKK yang Ramah Lingkungan, Ada Tanaman TOGA

oleh -1,437 dilihat
oleh

BOLMONG, Kroniktoday.com – Di tengah semangat gotong royong yang kuat, kelompok PKK Desa Solimandungan 2 Kecamatan Bolaang di Kabupaten Bolaang Mongondow (Bolmong), telah sukses mengubah lahan tidur menjadi kebun komunitas yang produktif, menjadi sumber pendapatan tambahan bagi warga dan menginspirasi banyak orang.

Kebun ini adalah bagian dari program pemberdayaan wanita yang digalakkan oleh PKK (Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga) Kabupaten Bolmong dan Desa, untuk meningkatkan ekonomi dan kualitas hidup masyarakat setempat.

Program ini telah mendapat dukungan luas dari warga desa, dan kolaborasi antara anggota PKK Desa, PKK Kecamatan dan TP PKK Kabupaten serta petani lokal menjadi kunci keberhasilannya.

“Kami sangat bangga dengan keberhasilan kebun kelompok PKK ini. Dengan tekad kuat dan kerja keras bersama, kami telah mengubah lahan yang sebelumnya tidak produktif menjadi kebun yang menghasilkan berbagai jenis tanaman yang bermanfaat bagi banyak masyarakat,” kata salah satu warga di Desa Solimandungan 2.

Kebun ini dikelola dengan prinsip-prinsip pertanian organik, dengan menghindari penggunaan pestisida kimia dan bahan kimia berbahaya lainnya. Ini adalah langkah positif dalam mendukung pertanian berkelanjutan dan kesehatan lingkungan.

Penduduk setempat telah menanam berbagai jenis tanaman di kebun ini, termasuk sayuran, buah-buahan, dan rempah-rempah. Hasil panen mereka tidak hanya digunakan untuk konsumsi pribadi tetapi juga dijual di pasar lokal. Pendapatan yang diperoleh dari penjualan ini telah memberikan tambahan pendapatan bagi keluarga-keluarga di desa, membantu meningkatkan kesejahteraan mereka.

“Kami melihat perubahan positif dalam kehidupan kami sejak bergabung dengan program ini. Selain dari sisi ekonomi, kami juga belajar tentang pertanian organik yang lebih ramah lingkungan,” tambah salah satu warga.

Kebun kelompok PKK ini juga telah menjadi pusat pelatihan dan pengetahuan bagi warga desa. Mereka membagikan pengalaman dan keterampilan mereka dalam pertanian organik kepada anggota masyarakat lainnya, membantu meningkatkan kesadaran akan pentingnya pertanian berkelanjutan.

Kegiatan kebun kelompok PKK Desa Solimandungan 2 merupakan contoh nyata dari bagaimana peran aktif wanita dalam pemberdayaan masyarakat dapat membawa dampak positif yang signifikan. Apalagi terdapat tanaman obat keluarga (TOGA).

Semangat gotong royong dan kolaborasi yang kuat di antara warga desa juga telah menjadi inspirasi bagi desa-desa sekitarnya untuk mengadopsi model serupa. Diharapkan keberhasilan program ini akan terus berlanjut dan memberikan manfaat yang berkelanjutan bagi komunitas lokal.

 

Penulis : Tri Sucipto Lantapon

No More Posts Available.

No more pages to load.