Tekan Penggunaan Narkoba, BNN Baubau Gelar Rakor IBM

oleh -865 dilihat
oleh
Badan Narkotika Nasional (BNN) Kota Baubau menggelar rapat Koordinasi dalam rangka pelaksanaan program Intervensi Berbasis Masyarakat atau IBM di kantor Kelurahan Wameo.

Kroniktoday.com – Badan Narkotika Nasional (BNN) Kota Baubau Provinsi Sulawesi Tenggara, menggelar Rapat koordinasi dalam rangka pelaksanaan program Intervensi Berbasis Masyarakat atau IBM di Kantor Kelurahan Wameo, Selasa (16/3/2021), dengan tetap menerapkan Protokol kesehatan (Prokes) ketat.

Program yang bertujuan untuk menekan penggunaan narkoba yang menjadi permasalahan serius dan meningkatkan peran serta masyarakat dalam melakukan intervensi kepada pengguna narkoba.

Menurut Kepala BNN Baubau, Sulawesi Tenggara, Alamsyah Ssos Msi, program ini fokus pada masyarakat.

“Tujuannya untuk menggapai pecandu dilingkungan masyarakat guna memulihkan mereka agar bisa kembali ke fungsi sosialnya seperti biasa. Jadi, kita bentuk ini untuk masyarakat ketika ada yang mau melapor untuk dipulihkan kembali fungsi sosialnya” ujar Alamsyah.

Ia menjelaskan sasaran dari program ini adalah para pengguna atau penyalahguna narkoba di lingkungan masyarakat. Diharapkan agar mereka mau mengikuti program pemulihan berbasis masyarakat dan akan dilaksanakan oleh kompenan masyarakat sendiri, yakni mereka yang telah mendapatkan pelatihan khusus oleh BNN.

Mnurutnya, petugas IBM nantinya tidak hanya mengcover pecandu di lingkungan Kelurahan Wameo, namun dapat menjangkau seluruh wilayah Kota Baubau.

“Kita berharap dengan adanya IBM ini, pecandu pecandu ataupun penyalahguna narkotika atau obat obatan terlarang dapat melaporkan dirinya secara sukarela di kelurahan wameo sebagai tempat IBM. Nantinya masyarakat yang sudah dilatih yang melayani,mendekati dan mengajak untuk melaporkan diri agar dapat mengikuti program pemulihan,” jelas Alamsyah.

No More Posts Available.

No more pages to load.