Pupuk Bio Teratai Brimob, Tingkatkan Ketahanan Pangan Dimasa Pandemi Covid-19

oleh -813 dilihat
oleh

Kroniktoday.com – Meski disibukkan dengan tugas kedinasan, personel Satuan Brimob Polda Sulawesi Selatan bernama Ipda Purwanto berinovasi dengan membuat pupuk tani cair. Pupuk produksinya ini diberi nama Bio Teratai.

Inovasi pembuatan pupuk cair untuk pertanian ini bahkan tidak main-main. Menurut Ipda Purwanto, produk yang telah dikembangkan selama tiga tahun ini telah digunakan di seluruh Indonesia, dan bahkan sampai ke Jepang.

“Pupuk teratai ini sudah saya buat selama tiga tahun dan Alhamdulillah telah menyebar di seluruh Nusantara, dan bahkan sampai ke Kota Osaka Jepang,” ungkap Ipda Purwanto seperti dikutip dari dalam tayangan video Polri TV, Jumat (12/3/21).

“Bio Teratai ini merupakan pupuk hayati cair buatannya yang ramah lingkungan, hemat, praktis dan semua bahannya ada di Indonesia,” sambungnya.

Ipda Purwanto mengatakan, Bio teratai ini memanfaatkan limbah organik sayuran dan buah-buahan yang diuraikan lalat tentara hitam (Black Soldier Fly/BSF).

Lewat bantuan BSF, lanjut dia, sampah organik dapat diurai dengan cepat karena ini menghasilkan maggot atau larva yang kandungan proteinnya cukup tinggi.

No More Posts Available.

No more pages to load.