Lantik Istri Sebagai Ketua Umum HIPPTON, Umar Samiun Ajak Organisasi Desak Pemerintah Sahkan Provinsi Kepton

oleh -933 dilihat
oleh
Pelentikan pengurus Hippton.

Kroniktoday.com – Samsu Umar Abdul Samiun yang akrab disapa Umar Samiun, mengajak semua organisasi untuk mendesak Pemerintah pusat agar segera memekarkan Provinsi Kepulauan Buton sebagai sebuah daerah Provinsi baru. Hal ini disampaikan saat melantik pengurus organisasi Himpunan Pemuda dan Perempuan Kepulauan Buton (HIPPTON) dan organisasi lainnya yang terhimpun.

Menurutnya, salah satu tujuan dimekarkanya Kepton dari Provinsi Sulawesi Tenggara, bukan hanya semata-mata karena memiliki sumber daya alam (SDA) yang melimpah. Namun, lebih kepada penghargaan dari Negara Indonesia terhadap eks Kesultanaan Buton.

“Menurut saya bukan hanya dari sisi potensi sumber daya alamnya saja, tapi untuk menghargai eks kesultanan buton oleh negara,” kata Umar Samiun yang juga sebagai Dewan Pembina HIPPTON.

Meski saat ini pemerintah pusat masih menerapkan moratorium untuk pemekaran daerah di Indonesia, namun yang membuat mantan Bupati Buton ini bertanya-tanya adalah, selama ini pemerintah pusat tidak memperbolehkan Kepton untuk mekar, seperti Kesultanan Goa dan Kesultanan Ternate.

“Tapi, kenapa tidak diberikan seperti kesultanan goa dan kesultanan ternate. Inilah yang kita mintakan penghargaan kepada pemerintah pusat terhadap eks kesultanan buton dalam bingkai negara kesatuan republik Indonesia,” ungkap Umar Samiun.

Meski begitu, Umar Samiun meyakini bahwa, tidak akan lama lagi Kepton akan segera dimekarkan. Salah satunya ia mengambil contoh yang terjadi di Papua, mereka mendesak pemerintah pusat agar segera dimekarkan sebagai satu provinsi baru.

No More Posts Available.

No more pages to load.