KPU Bolmut Tuai Apresiasi Usai Laksanakan Pemilu 2024

oleh -83 dilihat

KRONIKTODAY.COM-Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bolaang Mongondow Utara (Bolmut) meraih pujian dari berbagai kalangan usai berhasil menyelenggarakan Pemilihan Umum (Pemilu) Tahun 2024.

Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM), jurnalis, dan mahasiswa mengapresiasi keberhasilan KPU Bolmut, terutama dalam meningkatkan partisipasi pemilih di tengah tantangan cuaca ekstrem.

Presiden GM-351 Wiran Gumohung memberikan penilaian positif terhadap kinerja KPU Bolmut, khususnya dalam mengatasi hambatan alam dan menjaga tingkat partisipasi yang tinggi.

“Dari sisi partisipasi, saya melihat cukup tinggi. Padahal, saat mendekati 14 Februari itu, kondisi alam saja tidak memungkinkan. Sudah hujan yang tidak berkesudahan, ditambah lagi angin yang banyak merusak TPS di sejumlah tempat,” ucap Wiran Gumohung pada Sabtu, 2 Maret 2024.

Wiran menilai keberhasilan KPU Bolmut sebagai bukti kesungguhan dan ketangguhan dalam menghadapi rintangan, memastikan setiap suara terdengar meski di tengah tantangan eksternal.

“Catatan kami partsipasi pemilih di Kabupaten Bolmut mencapai 85.05 persen. Angka itu tentu melewati standar nasional yakni 75.5,” ungkap Wiran.

Wiran Gumohung menegaskan bahwa prestasi KPU Bolmut tidak hanya tercermin dari aspek partisipasi pemilih yang tinggi, tetapi juga dari kemampuan penyelenggara pemilu dalam mengatasi hambatan alam.

Meskipun cuaca ekstrem dan kerusakan di TPS, Wiran mengapresiasi keberhasilan KPU Bolmut dalam memastikan kelancaran dan integritas proses pemilu.

“KPU Bolmut telah menunjukkan komitmen yang luar biasa dalam melaksanakan tugasnya, terutama dalam menghadapi tantangan yang dihadirkan oleh alam. Mereka tidak hanya berhasil mempertahankan tingkat partisipasi yang tinggi tetapi juga menjaga integritas dan keamanan seluruh proses demokrasi,” tambahnya.

Anggota Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Bolmut Rendi Pontoh melihat keberhasilan Pemilu 2024 juga tidak hanya dari segi partisipasi tinggi, tetapi juga dari segi keamanan yang terjaga dengan baik serta edukasi pelaksanaan teknis sampai di tingkatan KPPS.

“Sebagai wartawan, kami menyaksikan langkah-langkah preventif yang diambil oleh pihak berwenang untuk memastikan keamanan selama proses pemilu. Ini mencerminkan kerja sama yang solid antara lembaga penyelenggara, kepolisian serta TNI dan sejumlah pihak. Dari sisi teknis juga demikian. Kami melihat secara umum, kinerja sampai ke tingkatan KPPS baik, sehingga proses pungut-hitung juga berjalan baik,” tuturnya.

Dalam menghadapi berbagai perbedaan pendapat yang mungkin muncul selama proses pemilu, Rendi menyampaikan hal itu merupakan proses demokrasi yang harus diterima sebagai bahan perbaikan di masa depan.

“Saat ini, penting bagi kita semua untuk menjaga persatuan. Sebagai pengawal informasi, kami dari PWI Bolmut berkomitmen untuk menyajikan berita secara objektif, mendukung semangat persatuan, dan meneguhkan makna demokrasi sebagai ruang diskusi yang inklusif,” ucapnya.

Sementara itu, Ketua Lembaga Investigasi Negara (LIN) Bolmut, dengan tulus menyampaikan apresiasi terhadap kerja keras KPU Bolmut dalam pelaksanaan Pemilu 2024.

Walaupun, kata Candi, Komisioner bersama Sekretaris KPU Bolmut, terhitung barus sebab, terjadi pergantian menjelang tahapan pemungutan suara. Namun, berkat kerja sama antara pimpinan dan sekretariat, hambatan yang timbul dapat dilewati hingga pelaksanaan pleno tingkat kabupaten berakhir.

“Kami merasa terhormat dapat berkontribusi mendukung KPU Bolmut dalam menjaga integritas, keamanan, serta kelancaran proses demokrasi di Kabupaten Bolaang Mongondow Utara,” katanya.

Candi menjelaskan bahwa LIN Bolmut telah berkomitmen untuk memastikan setiap tahapan pemilu berlangsung sesuai dengan standar tinggi keadilan dan keamanan.

“Meskipun dihadapi dengan kondisi alam yang sulit, KPU Bolmut telah menunjukkan ketangguhan dan profesionalisme. Mereka berhasil memastikan kelancaran pelaksanaan pemilu, yang mencerminkan komitmen sejati mereka terhadap demokrasi dan keberhasilan proses pemilu ini,” ungkapnya.

Terakhir, Candi menyerukan agar masyarakat dan pihak terkait terus mendukung KPU Bolmut dalam menjaga demokrasi yang sehat dan kuat di tengah berbagai dinamika, apalagi ke depannya akan menghadapi Pilkada Tahun 2024.

No More Posts Available.

No more pages to load.