DPRD Bolmong Gelar Paripurna Penyampaian LKPJ Bupati

oleh -46 dilihat
oleh
Pj Bupati Bolmong Ir Limi Mokodompit MM menyerahkan dokumen LKPJ kepada Ketua DPRD Bolmong Welty Komaling SE MM didampingi dua Wakil Ketua Sukron Mamonto dan Wakil Ketua Sulhan Manggabarani.

BOLMONG, Kroniktoday.com – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD), Kabupaten Bolaang Mongondow (Bolmong) melaksanakan Paripurna penyampaian laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPJ) Bupati Tahun anggaran 2023. Rapat paripurna tersebut dipimpin langsung Ketua DPRD Bolmong Welty Komaling, yang didampingi pimpinan DPRD Sukron Mamonto dan Sulhan, yang digelar diruang paripurna DPRD, Selasa (16/4/2024).

Turut hadir pula sejumlah anggota DPRD , Penjabat Bupati Bolmong Ir Limi Mokodompit MM, Forkopimda, sekda Bolmong Abdullah Mokoginta, para asisten staf ahli, pimpinan OPD dan ASN dilingkungan Pemkab Bolmong.

Ketua DPRD Bolmong Welty Komaling, mengatakan pentingnya untuk dibahas LKPJ tahun sebelumnya, ini dimaksudkan melihat sejauh mana kinerja dan program yang telah dijalankan oleh eksekutif.
Ini juga kata Welty Sebagai fungsi dan tugas legislatif untuk mengontrol atau lakukan pengawasan APBD yang telah berjalan dan digunakan ditahun sebelumnya.

“Semua fraksi secara tertulis menerima dan kami pihak legislatif akan menindaklanjuti melalui pembahasan di internal,” katanya, saat dihubungi media ini.

Ia menambahkan pembahasan ini sesuai dengan peraturan pemerintah nomor 13 tahun 2019 pasal 20 ayat (1). Tentu pihak DPRD akan memberikan jawaban terkait hasil LKPJ, yang nantinya akan menjadi pertimbangan pihak eksekutif dalam melaksanakan pembangunan di daerah ini.

“Iya paling lambat 30 hari setelah LKPJ diterima, DPRD tentu akan pacu pembahasan melalui komisi – komisi di DPRD,” ungkap Welty.

Mengingat pentingnya pembahasan ini, Welty politisi dari PDIP tersebut meminta kepada masing-masing komisi untuk segera melakukan pembahasan LKPJ Bupati tahun 2023 mulai pekan ini.

“Iya pembenahan apbd tahun 2023 tentu harus dipertanggungjawabkan, kami akan cermati satu persatu, dinas per dinas. Sehingga rekomendasi DPRD nanti untuk perbaikan kinerja penjabat Bupati ditahun ini,” tandasnya.

Sementara itu, Penjabat Bupati Bolmong Ir Limi Mokodompit MM, memaparkan dokumen APBD tahun 2023 secara rinci dihadapan anggota DPRD Bolmong yang hadir pada paripurna tersebut.

Ia berharap masukan, saran, koreksi dan kritikan bagi DPRD Bolmong untuk perbaikan ditahun berjalan.

“Dokumen yang ada disusun sesuai kondisi objektif daerah dan berdasarkan regulasi dan perundang – undangan,” ungkapnya.

Diakhir sambutannya, Bupati mengucapkan terima kasih kepada pimpinan dan anggota DPRD yang telah bersama dalam kurung waktu 2 tahun ini, tentu masih banyak program yang belum terlaksana, itu karena keterbatasan dan kewenangan seorang penjabat Bupati yang dibatasi oleh aturan dan ketentuan yang ada. Tapi ada banyak pula program yang terlaksana meski hanya sebentar menjalankan pemerintahan di Bolmong.

“Saya tinggal sebulan menjalankan pemerintahan di Bolmong dimana tanggal 22 Mei akan kembali ke provinsi sebagai kepala dinas lingkungan hidup,” ujar Bupati.

Untuk itu, kata Bupati menyampaikan permohonan maaf jika selama 2 tahun ini ada kehilafan dan kekurangan dalam memimpin pemerintahan di kabupaten Bolmong.

Diketahui, paripurna tersebut dilanjutkan dengan penyerahan Dokumen LKPJ oleh Bupati Bolmong Ir  Limi Mokodompit MM, yang diterima langsung Ketua DPRD Welty Komaling didampingi dua pimpinan DPRD lainnya Sukron Mamonto dan Sulhan. (Advertorial)

 

No More Posts Available.

No more pages to load.