Pameran Arkeologi di Bolmut, Wujud Pengenalan Hasil Penelitan Perabadan Tiga Provinsi

oleh -1,077 dilihat
oleh
Pameran, Arkelog, Bolmut, Amin Lasena,
Suasana pameran arkeologi di Bolmut.

Kroniktoday.com – Wakli Bupati Bolmut Drs Hi Amin Lasena MAP, Jumat (19/3/2021), membuka secara resmi kegiatan Pameran Arkeologi yang bertempat di Aula Kantor Camat Kaidipang.

Turut Hadir Wakil Ketua I TP PKK Dra Hj Siti Safwania Lasena Djenaan, Kepala Balai Arkeologi Sulut Wuri Handoko MSi atau yang mewakili, serta jajaran, Kepala Dinas Pendidikan dan kebudayaan Bolmut Sulha Mokodompis SPd  MSi, Sekcam Kaidiapang, Para Sejarawan dan Para Pelajar

Wakil Bupati Bolmut menyampaikan rasa terima kasih kepada segenap panitia pameran arkeologi, khususnya kepada kepala dinas pendidikan dan kebudayaan bolmut.

“Apresiasi saya sampaikan kepada balai arkeologi provinsi sulawesi utara atas terselenggaranya kegiatan ini,” kata Amin Lasena.

Diketahui, kegiatan arkeologi di Indonesia telah di lakukan sejak abad XVIII, yaitu bersamaan dengan kedatangan bangsa eropa ke Indonesia dan terus berkembang sampai sekarang ini.

Kegiatan penelitian arkeologi di wilayah sulawesi utara, sulawesi tengah dan gorontalo memiliki potensi arkelogi yang cukup besar, Fosil binatang purba ditemukan di sulawesi utara dan sulawesi tengah, demikian juga peninggalan budaya austronesia ditemukan di tiga wilayah tersebut.

Tradisi megaletik merupakan peninggalan yang banyak ditemukan di sulawesi utara dan sulawesi tangah, peninggalan budaya dari masa kolonial banyak ditemukan di sulawesi utara, gorontalo dan beberapa di sulawesi tengah, demikian juga peninggalan yang bercorak islam banyak terdapat di gorontalo, sulawesi tengah dan sulawesi utara.

No More Posts Available.

No more pages to load.