Walikota Baubau Tegaskan, Tenaga Kerja Konstruksi Harus Terlatih dan Bersertifikat

oleh -881 dilihat
oleh
Pemkot Baubau menekankan pentingnya tenaga kerja konstruksi yang terlatih dan bersertifikat.

BAUBAU, Kroniktoday.com – Wakil Walikota Baubau, Laode Ahmad Monianse menekankan pentingnya tenaga kerja konstruksi, terlatih, terampil dan bersertifikat. Pasalnya, selain dapat memberikan manfaat bagi pekerja tenaga konstruksi, kehliannya juga dapat diakui di mancanegara.

Hal tersebut diungkapkan, Laode Ahmad Monianse saat menyampaikan sambut pada kegiatan teknis sistem manajemen keselamatan konstruksi di Hotel Zenith Premiere, Senin (22/3/2021).

Walikota menegaskan, infrastruktur bukan hanya membutuhkan tenaga kerja konstruksi dalam jumlah besar, namun juga perlu menyiapkan tenaga kerja konstruksi yang terlatih, terampil dan bersertifikat.

Sertifikasi bukan hanya amanat UU no. 2 tahun 2017. Tapi”, harus memberikan manfaat bagi tenaga kerja khususnya di kota baubau,” tuturnya.

Ahmad Monianse menjelaskan, tenaga kerja konstruksi yang memiliki sertifikat akan memperoleh manfaat, antara lain, remunerasi yang lebih kompetitif dan berdaya saing di pasar mancanegara. Untuk itu lanjutnya, pemkot baubau menekankan agar uji kompetensi dan pelatihan tenaga kerja konstruksi dilakukan secara konsisten dan berkelanjutan.

“Perlu digariskan bahwa, dalam pasal 70 ayat 1 dan 2 UU no.2 tahun 2017 tentang jasa konstruksi menyebutkan, setiap tenaga kerja di bidang jasa konstruksi wajib memiliki sertifikat kompetensi kerja. Dan, setiap pengguna jasa wajib mempekerjakan tenaga kerja konstruksi yang memiliki sertifikat kompetensi kerja”, ujarnya.

No More Posts Available.

No more pages to load.