Siapkan Diri dan Berkas Lamaran, Bolmong Raya Telah Usulkan Penerimaan 3.515 CPNS, Ini Formasinya

oleh -4,315 dilihat
oleh
Ilustrasi.

Kroniktoday.com – Seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) dan PKPP tahun 2021 ini segera diselenggarakan Kementerian Pendayagunaan Apaatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB).

Sebagaimana disampaikan Deputi Bidang SDM Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB), Teguh Widjinarko, sekitar 1,3 juta formasi dibutuhkan pada seleksi CPNS dan PPPK untuk tahun 2021.

“Rinciannya adalah sebagai berikut, secara total tahun 2021 (jika tidak ada kebijakan lain, yang bersifat darurat) pemerintah telah menentukan kebutuhan asn sejumlah sekitar 1.300.000,” kata Teguh.

Formasi yang banyak dibuka adalah 1 juta guru PPPK melalui skema yang menjadi program kemendikbud (untuk pemda). Untuk Pemda (di luar guru) ditentukan sebesar sekitar 189.000 yang terdiri dari, 70.000 PPPK jabatan fungsional selain guru serta 119.000 ribu CPNS untuk berbagai jabatan teknis yang sangat diperlukan (termasuk tenaga kesehatan).

Teguh Widjinarko menyampaikan, perekrutan CPNS 2021 akan dimulai dengan penetapan formasi pada Maret nanti. Menurut dia, waktu tersebut merupakan jadwal yang sebenarnya tercantum dalam Peraturan Pemerintah (PP) terkait dengan pengadaan aparatur sipil negara (ASN) atau PNS.

“Jadi, mau tidak mau kita harus memenuhi jadwal tersebut. Kecuali jika ada hal lain yang menjadi pertimbangan pemerintah,” kata Teguh.

No More Posts Available.

No more pages to load.