Jalan Penghubung Desa Tungoi II dan Tanoyan Utara Sudah Bisa Dilalui Kendaraan, Longsor Berhasil Dibersihkan

oleh -29 dilihat
oleh
Tim BPBD Bolmong, Polsek Lolayan dan Kecamatan Lolayan.

BOLMONG, Kroniktoday.com – Hujan deras yang mengguyur wilayah Kecamatan Lolayan Kabupaten Bolaang Mongondow (Bolmong) sejak Rabu 10 Juli 2024 malam hingga Kamis 11 Juli 2024 pagi hari, mengakibatkan terjadinya longsor di jalan penghubung antara Desa Tungoi II dan Desa Tanoyan Utara.

Longsor tersebut terjadi sekitar pukul 08.00 WITA dan menutupi seluruh badan jalan, sehingga tidak bisa dilalui kendaraan roda dua maupun roda empat karena Panjang longsoran mencapi 10 meter dengan ketinggian material sekira 3 meter.

Menurut Adi warga setempat, longsor terjadi akibat curah hujan tinggi yang menyebabkan tanah di sekitar jalan amblas. Beruntungnya, tidak ada korban jiwa dalam peristiwa ini.

“Cuaca hujan deras yang menyebabkan longsor ini,”  kata Adi.

Petugas dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Bolmong pun segera turun ke lokasi untuk melakukan evakuasi material longsoran. Turut hadir juga pemerintah Kecamatan Lolayan dan Personil Polsek Lolayan.

Proses evakuasi berlangsung selama kurang lebih 2 jam, dan pada pukul 22.00 WITA jalan tersebut sudah bisa kembali dilalui kendaraan roda dua mau pun roda empat.

Berikut beberapa tips untuk menghindari longsor saat hujan deras:

  • Hindari beraktivitas di daerah yang rawan longsor, seperti lereng bukit atau tebing.
  • Perhatikan tanda-tanda peringatan dini longsor, seperti retakan tanah, pergerakan tanah, dan suara gemuruh.
  • Segera tinggalkan tempat jika melihat tanda-tanda tersebut.
  • Laporkan kepada pihak berwenang jika melihat adanya potensi longsor.

Dengan kewaspadaan dan langkah-langkah pencegahan yang tepat, diharapkan dapat meminimalisir risiko terjadinya longsor dan menjaga keselamatan masyarakat. (lix)

 

No More Posts Available.

No more pages to load.